Friday , 18 August 2017
Home » Informasi Untuk Mahasiswa » Pendaftaran Rencana Studi

Pendaftaran Rencana Studi

Setiap mahasiswa harus menyusun dan mendaftarkan rencana studi (mata kuliah dan kelas) untuk setiap semester secara online. Proses penyusunan rencana studi secara umum dapat diilustrasikan seperti gambar berikut.

frs

Untuk proses penyusunan rencana studi, mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen wali. Setelah perkuliahan berlangsung kira-kira 2 minggu mahasiswa dapat mengevaluasi dirinya tentang kemampuannya, waktu/jadwal atau hal lain yang dapat mempengaruhi rencana studinya. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan perubahan rencana studi, dengan koordinasi dengan dosen wali, mahasiswa melakukan PRS secara online. Mahasiswa tidak dapat melakukan pembatalan dan mendaftarkan mata kuliah yang sama pada saat PRS.

Jumlah kredit maksimum yang diambil dikaitkan dengan indeks prestasi kumulatif dengan pedoman seperti pada Tabel berikut.

Beban Kredit Maksimum

Sebelum menentukan mata kuliah yang akan ditempuh, mahasiswa harus melihat jadwal kuliah dan jadwal ujian semester yang akan ditempuh karena mahasiswa tidak diperkenankan menempuh matakuliah yang jadwal kuliah dan/atau ujiannya bersamaan. Apabila karena suatu alasan yang dapat diterima seorang mahasiswa harus mengambil dua mata kuliah yang ujiannya bersamaan, maka ujian untuk kedua mata kuliah tersebut harus ditempuh pada waktu yang bersamaan tanpa tambahan waktu. Waktu ujian untuk kedua mata kuliah tersebut tidak dijumlahkan.

PENGUMUMAN

Nomor : III/APP/FT/2013-07/1520-I

tentang

Pendaftaran Rencana Studi (RS) SECARA ONLINE

TANGGAL 29-31 Juli 2013

Mahasiswa Fakultas Teknik Unpar

Semester GANJIL 2013/2014


Dengan ini kami umumkan kepada semua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Arsitektur, bahwa pelaksanaan pendaftaran Rencana Studi (RS) Mahasiswa Semester Ganjil 2013/2014, adalah sebagai berikut :

I. Persyaratan

    1.  Akademik untuk Mahasiswa Angkatan 2005-2013

            Beban kredit maksimum

            Beban kredit maksimum yang dapat diambil oleh mahasiswa ditentukan oleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebelumnya dengan pedoman sebagai berikut :

Beban Kredit Maksimum

Penambahan jumlah kredit yang ditempuh oleh mahasiswa dimungkinkan atas rekomendasi Dosen Wali.

       2.  Keuangan

a.   Telah melunasi biaya studi pada Semester Genap dan Pendek 2012/2013

b.   Biaya daftar ulang dan sks Semester Ganjil 2013/2014 adalah sebagai berikut :

Biaya

PETUNJUK PEMBAYARAN (LIHAT PENGUMUMAN PEMBAYARAN SEMESTER GANJIL 2013/2014)

II. Jadwal Kegiatan Semester Ganjil 2013/2014

1 Perwalian dan Pendaftaran FRS mahasiswa 29 s.d. 31 Juli 2013
2 Masa Perkuliahan 19 Agustus s.d. 7 Desember 2013
3 Masa Perubahan Rencana Studi (PRS) 2-3 September 2013
4 Ujian Tengah Semester (UTS) 7-21 Oktober 2013
5 Ujian Akhir Semester (UAS) 9-20 Desember 2013
6 Batas Akhir Pembayaran Tahap I 25 Juli 2013
7 Batas Akhir Pembayaran Tahap II 30 September 2013

 

III.  Proses Pendaftaran Rencana Studi (RS) secara Online

Dihimbau kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknik agar mempersiapkan diri terkait beberapa hal mengenai FRS Online, adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa akun email Anda tidak sedang bermasalah. Cobalah Login ke
    salah satu layanan IT Unpar misalnya email, atau browsing ke situs luar  lewat Wi-Fi Unpar.
  2. Silahkan sampaikan dengan datang langsung ke BTI (Biro Teknologi Informasi) Gedung Rektorat lantai 3 jika mengalami kendala-kendala saat login.
  3. Akses URL https://studentportal.unpar.ac.id
  4. Bagi mahasiswa Jurusan Arsitektur dan Teknik Sipil hanya memilih mata kuliahnya saja tanpa memilih kelas, kelas dan jadwal akan diproses secara random dan diatur oleh Tata Usaha Fakultas.
  5. Sebelum memilih mata kuliah yang akan diambil, mahasiswa wajib melihat jadwal kuliah dan jadwal Ujian (UTS dan UAS) agar tidak terjadi bentrok.
  6. Pendaftaran rencana studi dapat menggunakan Lab. Komputer di Gedung 4 Lt. 2
  7. Pastikan Anda telah menekan tombol SIMPAN pada saat melakukan FRS sebelum keluar dari aplikasi.
  8. Pastikan kembali hasil FRS/PRS sudah ada konfirmasi lewat email mahasiswa ybs.
  9. Perwalian :
  • Tujuan perwalian adalah agar para mahasiswa dapat merencanakan studinya secara lebih terarah sesuai dengan kemampuan dan kemajuannya, di bawah petunjuk Dosen Wali. Perwalian dapat dilakukan sesuai kesepakatan dosen wali dengan mahasiswa namun demikian tetap harus memperhatikan jadwal Pendaftaran Rencana Studi/Perubahan Rencana Studi (RS/PRS) yang sudah ditetapkan;
  • Mahasiswa yang akan mengambil sks melebihi batas ketentuan kredit maksimum agar mengisi formulir masalah dan menghadap dosen wali untuk mendapat  persetujuan. Tetapi matakuliah yang akan diambil agar didaftarkan terlebih dahulu pada saat FRS sampai batas maksimal, sks kelebihan akan diinput oleh petugas Tata Usaha.
  • Mahasiswa yang sudah melakukan pendaftaran rencana studi untuk selanjutnya akan di periksa oleh dosen wali, dan akan dilakukan persetujuan (approval)
  • Mahasiswa bertanggung jawab terhadap kebenaran pengisian FRS. Untuk kelengkapan dan ketepatan penyusunan rencana studi, kami akan mengumumkan jadwal :

1.   Ujian Tengah Semester (UTS)

2.   Ujian Akhir Semester (UAS)

3.   Perkuliahan/Asistensi/Studio/Praktikum

  • Mahasiswa harus merencanakan mata kuliah yang akan diambilnya, agar tidak bentrok, baik kuliah maupun ujiannya dengan mata kuliah lain yang akan diambilnya.

IV. Penempuhan Kembali Mata Kuliah yang Telah Lulus

Sebagai upaya perbaikan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan mencapai tingkat penguasaan materi yang lebih tinggi, Fakultas Teknik mengijinkan penempuhan kembali mata kuliah yang telah lulus. Pendaftaran dan penempuhannya diatur sebagai berikut :

  1. Beban studi diperhitungkan dalam batas maksimal sks yang diijinkan;
  2. Seluruh kegiatan kuliah, studio, asistensi, wajib diikuti sebagaimana mata kuliah yang belum lulus;
  3. Apabila diperoleh Nilai Akhir (NA) yang berbeda dengan Nilai Akhir (NA) yang telah dicapai terdahulu, maka diambil Nilai Akhir (NA) yang tertinggi.

V. Sanksi

  1. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi Semester Ganjil 2013/2014, namanya tidak akan tercantum dalam daftar peserta kuliah, dan mengakibatkan mahasiswa yang bersangkutan tidak diijinkan mengikuti kegiatan akademik pada Semester Ganjil 2013/2014.
  2. Fakultas Teknik tidak akan melayani mahasiswa yang terlambat melakukan pendaftaran Rencana Studi (RS).

VI. Cuti Studi

Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi mahasiswa yang akan cuti studi adalah sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir cuti studi di Loket Tata Usaha Fakultas Teknik.
  2. Permohonan ijin cuti studi harus dilakukan selambat-lambatnya sebelum berakhirnya masa Perubahan Rencana Studi (PRS) yaitu tgl. 3 September 2013.
  3. Apabila pada saat FRS sudah mengambil mata kuliah dan akan cuti studi maka pada saat PRS matakuliah tersebut agar dibatalkan, apabila tidak dibatalkan sampai masa PRS berakhir maka matakuliah tersebut tidak bisa dihapuskan dan secara otomatis biaya studi harus dibayarkan penuh.
  4. Biaya cuti studi dapat dibayarkan setelah masa PRS.

 

VII. Lain-lain

  1. Penyusunan Rencana Studi (RS) yang pasti, berakhir tanggal 6 September 2013 dan langsung akan dibuat daftar peserta kuliah tetap.
  2. Mahasiswa wajib mentaati jadwal yang sudah direncanakan dan tidak ada lagi kesempatan pendaftaran Perubahan Rencana Studi (PRS) susulan.
  3. Mahasiswa yang tidak tercantum namanya dalam daftar peserta kuliah tetap, tidak diijinkan mengikuti kegiatan akademik pada Semester Ganjil 2013/2014.

Bandung, 15 Juli 2013

Dekan,

u.b.

Doddi Yudianto, Ph.D.

Wakil Dekan I

Tembusan :

  1. Yth. Dekan
  2. Yth. Wakil Dekan II
  3. Yth. Ketua Jurusan Teknik Sipil
  4. Yth. Ketua Jurusan Arsitektur
  5. Yth. Sekretaris Jurusan Teknik Sipil
  6. Yth. Sekretaris Jurusan Arsitektur
  7. Yth. Kepala Bagian Tata Usaha
  8. Yth. Para Dosen Wali