Sambutan Dekan

Selamat Datang di laman Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Bulan Agustus 1960 Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan atau yang sekarang dikenal dengan Universitas Katolik Parahyangan membuka Fakultas Teknik. Fakultas Teknik memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Arsitektur. Fakultas Teknik secara simbolik dipimpin oleh Prof. Ir. A.M. Semawi dari tahun 1960 hingga 1963 yang kemudian menjabat sebagai Dekan pertama secara resmi mulai tahun 1963. Sejak itu jurusan-jurusan di Fakultas Teknik terus berkembang menjadi fakultas yang dipercaya dan diminati oleh masyarakat dengan masing-masing jurusan mempunyai peringkat akreditasi A.

Dengan diintegrasikannya Sekolah Pascasarjana ke dalam fakultas per 1 Juli 2018 maka Fakultas Teknik saat ini mengelola 6 program studi masing-masing 3 program studi di bawah jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur, yakni

  1. Jurusan Teknik Sipil menaungi:
    • Program Studi Sarjana Teknik Sipil (Akreditasi A)
    • Program Studi Magister Teknik Sipil (Akreditasi B)
    • Program Studi Doktor Teknik Sipil (Akreditasi B)
  2. Jurusan Arsitektur menaungi:
    • Program Studi Sarjana Arsitektur (Akreditasi A)
    • Program Studi Magister Arsitektur (Akreditasi A)
    • Program Studi Doktor Arsitektur (Akreditasi B)

Program studi doktor arsitektur merupakan satu satunya program doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Dipandu oleh Visi dan Misinya, Fakultas Teknik akan senantiasa  dikembangkan dan dibaktikan untuk kepentingan masyarakat luas sesuai dengan sesanti Bhakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bakti.

Semoga Informasi ini dapat memberi gambaran kepada khalayak pengunjung laman Fakultas Teknik agar pengunjung dapat mengenal Fakultas Teknik lebih dekat dan semoga berkenan memberikan kritik serta masukan demi perkembangan dan kemajuan fakultas di masa depan.

Tak lupa saya atas nama Civitas Academica Fakultas Teknik menyampaikan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan putrai putri mereka untuk belajar di Fakultas Teknik, kepada para mitra yang turut mendorong perkembangan fakultas, kepada Ikatan Alumni {IATS dan IAAU) yang senantiasa membantu dan mendukung fakultas untuk terus maju berkembang.

 

Dekan Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan

 

Dr. Yohanes Basuki Dwisusanto